Jakarta, AI
- Dari beragam ajang balap, drag race identik dengan balap perfeksionis. Apa maksudnya ya? Ini penjelasannya…
Bagaimana gak dibilang balap perfeksionis? Waktu yang diperlukan untuk persiapan besutan di ajang drag race sih, mirip dengan ajang balap pada umumnya. Tapi saat berlomba, waktu tempuh yang diperlukan hanya dalam hitungan detik belaka. Semakin singkat, otomatis semakin banyak biaya yang harus Anda  keluarkan untuk membuat besutan drag.  

Berbeda dengan ajang balap lainnya, yang bermain di waktu tempuh dalam hitungan puluhan detik, seperti ajang slalom, bahkan hingga jam, seperti balap turing atau ketahanan.

Artinya, ajang drag race sangat tidak mentolerir kesalahan sama sekali. Melakukan kesalahan saat start atau pindah gigi, kesempatan untuk menjadi juara telah hilang hingga 80%. Dengan kata lain, pengemudi atau lebih dikenal dengan sebutan dragster, hanya berharap dari faktor keberuntungan (lucky), jika telah melakukan kesalahan saat start.


Lintasan lurus pun membuat ajang balap ini tidak memerlukan skill untuk beradu cepat di tikungan. Dragster hanya perlu berkonsentrasi terhadap arah kendaraan, agar mampu melaju selurus mungkin sehingga waktu tempuh kian singkat. Kontrol terhadap injakan pedal gas menjadi kunci utama untuk memperoleh traksi optimal - biar ban gak spin - sehingga memperlama waktu tempuh.

Untuk jarak tempuh, ajang balap asal negeri Paman Sam ini memerlukan jarak sejauh ¼ mile atau 402 meter. Jika diperhitungkan dengan ruang untuk melakukan pengereman yang minimal setara dengan panjang lintasan, plus ruang untuk memanaskan ban dan line-up besutan balap menuju garis start, otomatis memerlukan minimal lahan sepanjang 1 km.

Kondisi ini membuat penyesuaian perlu dilakukan, mengingat animo ajang adu kebut ini cukup digemari di Tanah Air. Tak ayal pemangkasan lintasan menjadi 201 meter menjadi solusi yang tepat.

Gak heran jika balap perfeksionis ini slalu diikuti oleh ratusan peserta setiap kali digelar. Menarik kan?

 

Teks: Tim AI

Foto: Superstreetonline.com; Speedwayautralia.co.au