INDIKASINYA: ADA UDARA TERJEBAK DALAM SALURAN PERANTI REM

Selain mesin, yang namanya rem sangatlah penting bagi sebuah kendaraan. Meskipun kebanyakan kita menyerahkan urusan ini pada bengkel saat servis berkala, namun ada baiknya kita juga mengerti karakter dari rem. Terutama saat peranti itu tidak dapat bekerja maksimal (kurang pakem) atau bagel.
Seperti dikatakan Julian Johan, atlet speed off-road nasional yang akrab dipanggil ‘JJ’,  “Ada beberapa indikasi yang membuat fungsi rem tidak bekerja dengan maksimal. Di antaranya,  masih adanya udara yang terjebak dalam saluran minyak rem.”

Masih menurut JJ,  “Salah satu gejala yang dapat dirasakan, saat pedal rem diinjak terasa bagel atau terasa adanya tekanan balik. Nah jika begini, meskipun rem diinjak sekuat tenaga tetap saja kerja rem tidak maksimal dalam menghentikan laju mobil. Ini sangat berbahaya, bro.”

Untuk solusinya, dapat melakukan pembuangan udara yang ada pada saluran minyak rem. Karena saat membuang udara tersebut, membuat minyak rem yang ada akan keluar dan perlu kembali ditambahkan minyak rem kembali. Nah, dapat ditambahkan Preston High Performance DOT 4 Brake Fluid sebagai penganti minyak rem yang ikut terkuras.

Setelah udara dalam saluran minyak rem keluar, barulah rem dapat bekerja kembali dengan maksimal. Sebaiknya saat mengeluarkan udara dari saluran minyak rem, dilakukan dengan bantuan orang lain karena dibutuhkan kerja tim agar dapat hasil yang diinginkan. Terutama saat harus memainkan pedal rem atau proses memompa untuk mengeluarkan udara tersebut.  AI