PILIH WARNA MERAH, KUNING ATAU BENING?

Seringkali ada kebingungan yang muncul dari para pemilik kendaraan saat memilih untuk membeli dan menggunakan minyak rem.  Karena di pasaran, ada dua jenis minyak rem dengan tiga warna yang berbeda, yaitu warna merah, kuning dan bening.

Beberapa pendapat mengatakan, bahwa minyak rem tidak boleh dicampur, tentu saja hal ini masuk akal disebabkan setiap merek yang memproduksi minyak rem mempunyai campuran serta spesifikasi bahan yang berbeda. Ini dikhawatirkan akan mempengaruhi kinerja minyak rem saat digunakan. Tetapi, warna manakah yang lebih baik?

Menurut Taqwa Suryo Swasono, manajer sekaligus kepala mekanik Garden Speed, ”Saat menggunakan minyak rem, saya memilih yang warna bening. Karena saat melakukan pengecekan atau pengurasan, dapat mengetahui material yang ikut keluar bersama minyak rem. Perubahan warna, tergantung tingkat kekotoran minyak rem serta dapat mengetahui tingkat kebersihan dalam system rem kendaraan.”

“Warna tidak mempengaruhi spesifikasi minyak rem, karena setiap minyak rem mempunyai spesifikasi yang terdiri dari DOT 3 atau DOT 4. Namun jika menggunakan yang berwarna, tentu lebih gampang untuk mengetahui kebocoran dari indentitas minyak tersebut jika menetes di lantai saat kendaraan parkir,” tambah Taqwa. AI