Hohoo, liburan tinggal berapa hari lagi. Jangan hanya jalan-jalan aja. Pastikan juga kendaraan Anda siap diajak liburan. Salah satu kunci liburan yang sukses dan membahagiakan adalah, seluruh bagian mobil dalam kondisi prima. Enggak lucu kan, kalau sampai mogok di tengah antah berantah. Apalagi kalau sampai celaka. Nah, mumpung masih ada waktu, segera periksa mobil dengan panduan cek list ini.

Mesin

Cek semua komponen vital. Seperti oli mesin, oli transmisi, air radiator, minyak rem, minyak power steering sampai wiper fluid. Lakukan general check-up untuk memastikan mesin, drive train, sasis sampai kelistrikan dalam kondisi sehat. 

Pastikan semua lampu dalam kondisi hidup, menyala dengan terang. Enggak cuma lampu utama, tapi juga foglamp, sein sampai lampu rem. Enggak asyik banget kan kalau sampai tertabrak mobil di belakang kita gara-gara lampu rem enggak nyala. Apalagi kalau perjalanan sempat melewati daerah pegunungan, di tengah musim yang tidak menentu seperti sekarang ini.           

Kaki-Kaki

Deteksinya sih enggak susah, kalau enggak ada suara-suara aneh dari bawah sana dan handling nyaman. Kalau ini yang ditemui, bisa dibilang kaki-kaki masih bagus. Spooring dan balancing aja sudah cukup. Tapi kalau perjalanan cukup jauh, paling aman dicek lagi di bengkel. Jadi kalau ada bagian yang kendur, bisa dikencangkan.

Rem

Rem wajib dalam kondisi bagus, semua bagian dan sistemnya bekerja dengan baik. Jadi kalau sampai terjadi kondisi darurat, mobil bisa berhenti atau mengurangi kecepatan tepat pada waktunya. Lebih baik beri jeda agak lama sebelum berangkat, jadi kalau ada yang perlu diganti, dibersihkan atau diperbaiki masih ada waktu.

Kabin

Enggak cuma bersih, kabin juga harus adem. Bersihkan jok, lantai, sampai area di bawah karpet serta AC dalam kondisi sehat. Kalau perlu lakukan servis AC. Jadi sepanjang perjalanan, apalagi kalau sampai berjam-jam dan macet, setidaknya Anda berada di ruangan yang nyaman, dingin dan bersih.

Eksterior

Bodi kinclong memang enggak penting, sih. Tapi kaca depan bersih, itu wajib banget. Kalau perlu, sediakan waktu untuk membersihkan jamur. Karena jamur ini sangat mengganggu visibilitas saat hujan dan malam hari. Kalau perlu, siapkan rain repellent untuk bekal perjalanan.

Teks: Tim Autochem
Sumber : otomotifnet.com