Jakarta, AI - Mungkin Anda sering menyaksikan mekanik menyemprotkan angin menggunakan kompresor ke dalam ruang mesin saat mengganti oli? Nah, itulah yang disebut dengan cara flushing yang salah. Bagaimana mekanik seharusnya melakukan flushing dan apa pula gunanya?

Mekanik melakukan flushing untuk menjaga kualitas oli yang baru agar tetap optimal. Flushing yang benar dilakukan dengan menuangkan cairan engine flush seperti Prestone Engine Motor Flush. Flushing akan mengencerkan endapan oli di celah-celah mesin yang berada di chamber oli. Tujuan lainnya yaitu untuk mengangkat serpihan-serpihan logam atau gram-gram dari komponen mesin. Dengan demikian bagian seluruh ruang dan jalur oli bisa benar-benar bersih. Oli yang baru tidak akan terkontaminasi dengan sisa-sisa oli lama. Sehingga kualitasnya tidak langsung menurun.

Lalu kapan Anda harus melakukan flushing? Sebaiknya dilakukan setiap kali saat mengganti oli. Flushing juga bisa membuat takaran pelumas sesuai dengan ukuran atau volume mesin. Sehingga volume oli di dalam mesin tidak berlebihan.

 

Teks: Tim AI