Menggunakan bahan bakar beroktan rendah akan menyebabkan pembakaran tidak sempurna yang berakibat timbulnya kotoran sisa pembakaran menumpuk pada piston dan ruang bakar.

Cukup banyak brader n sista yang tidak memperdulikan kebersihan ruang bakar motornya,bradsis, sehingga kondisi seher/piston menjadi kotor, dan performa mesin mulai menurun. Untuk membersihkannya, tidak sedikit brader n sista yang langsung membawa motornya ke bengkel langganan untuk service besar..

Tapi sekarang tidak perlu repot lagi, bradsis. PT Autochem Industry telah menyediakan cairan khusus untuk membersihkan ruang pembakaran motor kalian, yang diberi nama ECQ Engine Conditioner. Cairan ini mampu membersihkan bagian dalam mesin, terutama seher/piston, bradsis.

Caranya gampang, gak perlu bongkar-bongkar mesin. Nih, ME kasih panduannya membersihkan ruang pembakaran dengan ECQ Engine Conditioner.

1. Cek ruang pembakaran dari lubang busi. Mau lebih gampang lagi? Bisa gunakan Monitoring Type Borescope, yaitu alat canggih yang memiliki kamera kecil pada ujungnya, sehingga memudahkan untuk memonitor kondisi di dalam ruang bakar.

2. Semprotkan cairan ECQ Engine Conditioner. Jumlah yang akan disemprotkan tergantung dari kondisi seher/piston motor kalian, bradsis. Jika sangat kotor, bisa membutuhkan sekitar 100ml ECQ Engine Conditioner.

3. Tunggu hingga 5 menit sampai cairan bekerja merontokkan kotoran pada seher/piston.

4. Start motor dengan menggunakan menggunakan kick starter, hingga kompresi tinggi membuat cairan menyemprot keluar beserta kotorannya.

5. Pasang busi kembali dan nyalakan motor. Jangan khawatir dengan asap yang keluar, bradsis. Asap itu adalah kotoran yang dibersihkan oleh ECQ Engine Conditioner, dan dibuang melalui knalpot.

Semoga bermanfaat, bradsis. Silakan rasakan bedanya, motor jadi mudah distarter, mesin lebih responsif, meningkatkan tenaga, serta mengurangi emisi gas buang.

disadur dari: motorexpertz.com
image : motorexpertz.com