Jakarta, AI - Parkir di pusat kota yang sesak dengan keramaian kerap menjadi mimpi buruk. Terutama ketika Anda sedang terburu-buru sementara seluruh posisi telah terisi. Nasib mujur menemukan slot parkir mobil akan membuat Anda sedikit tersenyum.  Namun sayang itu pun belum cukup, parkir paralel selalu menyulitkan hampir sebagian besar pengemudi. Terutama bagi kaum Hawa, yang akan kembali bersungut-sungut ketika harus berhadapan dengan medan parkir seperti itu.

Ketika tempat parkir sudah ditemukan, bukan berarti tugas sudah selesai. Anda masih harus memposisikan mobil di tempat parkir yang sudah ditemukan itu. Bagi banyak pengemudi, proses ini bukan perkara mudah. Meskipun bagi pengemudi lain yang mahir hanya butuh hitungan beberapa detik untuk menyelipkan mobil ke tempat parkir sempit seperti itu.

Bagi yang belum mahir setir tak perlu khawatir. Sebab saat ini telah diproduksi mobil yang dilengkapi dengan self parking. Teknologi yang memudahkan Anda melakukan proses parkir tanpa harus mahir memarkir mobil. Lantas bagaimana teknologi tersebut beroperasi?

Setelah pengemudi menemukan tempat parkir, fitur self parking lantas diaktifkan. Secara otomatis sistem segera memeriksa dan mencocokkan ruang yang tersedia dengan ukuran dan dimensi mobil. Sebelumnya, pengemudi harus memposisikan mobil sejajar dengan mobil lain yang sudah diparkir. Setelah transmisi dioperasikan pada arah mundur, sistem akan mengambil kendali atas setir dan memerintahkan pengemudi menginjak pedal gas. Fungsi otomatis akan menyesuaikan kemudi untuk mendekati mobil yang berada di sisi belakang. Berikutnya, pengemudi akan diberi  sinyal agar mengubah transmisi menjadi ke arah maju. Lalu sistem akan kembali mengambil alih setir untuk memposisikan mobil di slot parkir. Proses seperti itu berulang sampai mobil benar-benar diparkir di slot dengan posisi yang pas.

Namun yang perlu diingat, prosedur itu bervariasi. Tergantung model mobil, produsen dan sistem transmisi. Sistem self parking yang lebih modern mengambil kontrol kemudi secara penuh pada mobil. Termasuk kendali gas maupun rem. Hal tersebut memungkinkan Anda bisa memarkir mobil sembari mengenakan jam tangan.

Mobil yang dilengkapi dengan sistem ini memiliki banyak sensor yang mengirimkan sinyal dari setiap sisi mobil. Dengan cara tersebut sistem otomatis self parking dapat menemukan hambatan yang berdekatan dan memperkirakan jarak secara tepat. Sinyal kemudian akan menggerakkan sistem power steering untuk menentukan arah kemudi sesuai dengan posisi parkir.

Beberapa mobil canggih juga dilengkapi dengan kamera berkualitas tinggi dipasang di bagian sisi belakang mobil. Perangkat itu memungkinkan pengemudi dapat mengawasi segala sesuatu yang terjadi di bagian belakang mobil serta posisi manuver parkir yang sedang dilakukan. Sistem self parking modern menggunakan sensor laser untuk menemukan dan menentukan rintangan yang berdekatan dengan mobil. Sehingga proses parkir menjadi aman tanpa harus bersenggolan dengan rintangan tersebut.

Foto: autoevolution.com