Jakarta, AI
- Aki motor mati itu pasti menjadi masalah besar buat bikers. Terlebih-lebih jika motor Anda menerapkan teknologi Engine Control Unit (ECU). Kerusakan baterai umumnya dipicu oleh kelalaian dan perawatan yang tidak benar.

Saat ini, ECU boleh dikatakan masih sebagai teknologi baru untuk sepeda motor. Penerapan teknologi mutakhir seperti itu sering tidak disertai persiapan untuk mengantisipasi kondisi darurat yang tidak diinginkan. Tak banyak bikers yang berpikir begitu vital membawa baterai, aki atau catu daya cadangan.

Tapi tunggu dulu, Anda tak perlu repot-repot menenteng aki cadangan untuk motor.  Pasti berat dong, kalau pakai acara bawa bekal aki.  Sama seperti ponsel yang sobat kantongi, saat ini telah beredar powerbank yang bisa digunakan untuk melakukan jump start ketika sewaktu-waktu motor mendadak mengalami tekor aki. Ada banyak merek powerbank jumper yang bisa dibeli. Yang pasti, ukurannya mini. Dimensi ukurannya 13 x 7,5 x 15 cm. Beratnya tak lebih dari 500 gram. Powerbank ini juga sekaligus digunakan untuk melakukan pengisian baterai ponsel maupun laptop atau tablet.

Powerbank jumper ini bisa digunakan untuk mengisi aki sepeda motor dan mobil 12V / 2A. Bahkan beberapa merek bisa digunakan untuk melakukan jump start mobil bersilinder 4  sampai 6.

Saat memilih, cermati kelengkapan dan fitur yang disediakan. Beberapa fitur yang disediakan di antaranya yaitu 1 unit powerbank jumper, 1 set kabel jumper, 1 unit kabel charger USB untuk ipad, iphone mini-usb dan laptop, 1 unit cigaret lighter charger, dan 1 unit AC DC adaptor charger.  Di pasaran, powerbank jumper dibandrol seharga Rp 75.000 – 100.000.

Teks: Tim Autochem

Foto: cycleworld.com