Jakarta, AI - Mengendarai sepeda motor berlawanan dengan arah datangnya sinar matahari itu menyilaukan mata. Tirai pelindung sinar matahari dibutuhkan agar pandangan sobat tidak terganggu. Berikut panduan praktis menciptakan pelindung sinar matahari yang murah, tahan lama dan mudah diganti untuk helm modern yang bahkan lebih baik daripada penghalang sinar matahari model lama. Pelindung sinar matahari ini tanpa menghalangi penglihatan Anda dan tidak dapat menyebabkan Kebisingan angin.

Bahan yang dibutuhkan adalah:


1. Lembaran vinil berwana yang banyak dijual di toko. Ada berbagai tingkat warna yang dijual. Dalam contoh ini digunakan Visible Light Transmission (VLT) dangan tingkat 5%. Jika sobat menghendaki pandangan yang lebih terang atau banyak cahaya, maka pilih VLT dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

2. Gunting tajam atau pisau cutter

3.
Penggaris dengan sisi yang lurus dan baik. Idealnya menggunakan penggaris yang dilengkapi dengan skala ukuran sebagai panduan pemotongan.

4. Alat pengukur.

5. Isolasi transparan atau bening.

6. Permukaan meja yang datar dan bersih sebagai tempat pemotongan.  Anda juga bisa menggunakan papan talenan.


Pelindung sinar matahari yang akan dipasang ke visor helm berukuran panjang 17 inci, lebar 1,5 inci. Ukuran tersebut bukan ukuran baku.  Anda  bisa menyesuaikan dengan ukuran helm milik Anda. Bereksperimen dengan panjang dan lebar sampai Anda menemukan yang terbaik.


Potong vinil secara kasar terlebih dulu. Tempelkan vinil tersebut pada visor bagian atas. Setelah menemukan posisi yang pas, potongan vinil bisa dirapikan sesuai dengan ukuran yang sudah dirancang. Vinil dapat menempel secara statis tanpa menggunakan perekat apapun. Jadi Anda bisa mengelupasnya untuk memperbaiki posisi sesering mungkin tanpa mengakibatkan kerusakan vinil tersebut.


Cara penempelan vinil bisa dimulai dari bagian tepi atas pinggir dan tepi atas tengah visor. Dengan cara seperti itu kedua ujungnya bisa sejajar.  Anda bisa menggunakan teknik yang lain untuk memposisikan vinil ke visor helm yang sedang Anda tangani.  Lekatkan vinil ke permukaan visor dari sisi ke sisi yang lain, berikan tekanan secara lembut pada vinil kemudian dirapikan.

Meskipun vinil dapat menempel secara statis ke permukaan visor, namun agar lebih kuat dan tidak mudah ditiup angin, vinil harus direkatkan dengan isolasi transparan.

Teks: Tim Autochem

Foto:  rideapart.com