Jakarta, AI
- Menurut A. Rohim, dari bengkel AC: CV Sejuk AC Sukses, pemilik mobil memang paham fungsi AC. Tapi, tak banyak yang mengetahui bagian-bagian AC, mekanisme kerja dan cara perawatannya.  “Umumnya, pemilik mobil hanya akan datang ke bengkel ketika AC sudah tidak dingin lagi. Saat diperiksa, AC sudah dalam kondisi rusak parah,” kata pria yang workshopnya ada di daerah Joglo, Jakarta Barat tersebut. Tak ada salahnya jika sekarang Anda mengetahui berbagai komponen penting AC, fungsi dan perawatannya.

1. Kompresor

Berguna untuk mensirkulasi referigerant dan menaikan tekanan referigerant. Hal yang perlu diperhatikan selama perawatan kompresor, yaitu ketersediaan pelumas yang sesuai dengan jenis referigerant yang diisikan dalam sirkulasi.

2. Condenser

Berfungsi untuk mendinginkan referigerant. Hal yang perlu diperhatikan untuk merawat kondensor yaitu menjaga kebersihan Fin atau kisi-kisi. Jadi ketika AC mobil Anda tidak dingin, sebaiknya periksa kondensor AC Anda.

 3. Motor Fan

Berguna untuk mendinginkan kondensor. Hal yang harus diperhatikan dalam perawatan Motor Fan yaitu kebersihan Fan atau kipas. Tujuannya supaya pendinginan bisa tetap optimal.

 4. Receiver Dryer atau Filter Dryer

Receiver dryer berfungsi untuk menampung, menyaring kotoran dan menyerap uap air yang terdapat pada referigerant.  Anda harus melakukan penggantian receiver dryer secara rutin, sebab bagian ini berfungsi sebagai penyaring.

 5. Expansion Valve

Berfungsi untuk mengubah referigerant yang berwujud cair menjadi berwujud spray (kabut). Fungsi lainya yaitu mengatur jumlah referigerant yang dialirkan ke dalam evaporator.

 6. Filter Kabin AC

Berfungsi sebagai penyaring udara AC, yang bertugas untuk menahan debu dan kotoran yang berasal dari luar serta menjaga udara di dalam mobil tetap bersih. Filter udara AC harus secara rutin diganti setiap 10.000 km atau setiap 6 bulan sekali.

 7. Evaporator

Berfungsi menyerap panas yang terdapat di udara. Sehingga dapat mengeluarkan udara dingin. Apa yang harus dilakukan untuk merawatnya? Kotoran yang menempel di bagian fin (kisi-kisi) evaporator harus dibersihkan.

 8. Blower

Berguna untuk mensirkulasikan aliran udara di dalam kabin mobil. Hal yang harus diperhatikan dalam perawatan blower yaitu kebersihan fan atau kipas dan motor agar aliran udara tetap lancar.

 

Teks: Tim AI